IMG 20190613 WA0039.jpg

Sosialisasi PPDB 2019 SMKN 1 Jamblang Kabupaten Cirebon.

Kamis, 13 Juni 2019;

Sebelum pelaksanaan PPDB SMK 2019, sangatlah perlu diadakan sosialisasi PPDB agar pemahaman informasi CPD dan orangtua atau wali CPD tentang PPDB sangat jelas sehingga tidak terjadi salah penafsiran saat pelaksanaannya serta membandingkannya dengan pelaksanaan PPDB tahun sebelumnya.

Panitia PPDB SMKN 1 Jamblang TP 2019/2020, Wijaya mengatakan, pelaksanaan sosialisasi ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan pendidikan dan masyarakat, terutama orang tua dan calon peserta didik tentang tata cara pelaksanaan PPDB 2019. Perlu diketahui bersama bahwa pelaksanaan PPDB mengedepankan prinsip nondiskriminatif, objektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 51 Tahun 2018 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK serta Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat Nomor 16 Tahun 2019 tentang PPDB khusus di Jawa Barat.

Pada jenjang SMK ada 4 (empat) Jalur Pendaftaran, yakni :
1. Jalur NHUN dengan porposi sebesar 70%
2. Jalur KETM sebesar 20%
3. Jalur Prestasi Non NHUN sebesar 5%
4. Jalur Perpindahan Tugas Orangtua sebesar 5%.
Adapun Paket Keahlian yg dibuka di SMKN 1 Jamblang ada 6 (enam) :
1. Desain Pemodelan & Informasi Bangunan.
2. Teknik Otomasi Industri (Program 4 tahun)
3. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
4. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
5. Teknik Komputer dan Jaringan
6. Perbankan dan Keuangan Mikro.
dengan masing-masing rombel sebanyak 3 rombel dan tiap rombel (kelas) maksimal berjumlah 36 peserta didik.

Diharapkan melalui sosialisasi ini CPD dan orangtua/ wali CPD dapat mempelajari seberapa besarnya peluang dapat diterimanya anak mereka ditiap paket keahlian dengan mempertimbangkan Nilai UN, minat bakat anak dan kondisi ekonomi keluarga masing-masing.

Ditambahkan pula oleh Nur Alfiah Adim selaku Waka Humas, seleksi PPDB SMK sudah 3 (tiga) tahun ini menggunakan sistem online, sehingga keputusan diterima atau tidaknya CPD menjadi Peserta Didik Baru diseleksi secara otomatis oleh sistem PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Sehingga jika ada oknum yang menjanjikan dapat memasukkan anaknya pada sekolah negeri, jangan dipercaya.
Beliau menambahkan pula bila mana ada kekurangan dan kekhilafan panitia PPDB, silahkan diadukan pada Bagian Pengaduan, nanti kami bantu proses penyelesaian dan solusi terbaiknya.

WJ