Beranda Berita Sosialisasi Kegiatan Pemberian Tablet Penambah Darah oleh UPT Puskesmas Wangunharja

Sosialisasi Kegiatan Pemberian Tablet Penambah Darah oleh UPT Puskesmas Wangunharja

29
0
BERBAGI

Sosialisasi Kegiatan Pemberian Tablet Penambah Darah pada Remaja Puteri dan Wanita Usia Subur.
SMK Negeri 1 Jamblang
Oleh UPT Puskesmas Wangunharja Kecamatan Jamblang.
Jum’at, 26 Oktober 2018.

Acara Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pertemuan SMKN 1 Jamblang yang diprakarsai oleh UPT Puskesmas Wangunharja Kecamatan Jamblang yg juga dihadiri Oleh : Camat Jamblang, Kapolsek Klangenan Jamblang, Danramil Klangenan Jamblang dan Siswi SMKN 1 Jamblang.

Upaya ini dilakukan untuk meminimalisiasi perempuan muda mengalami anemia. Remaja putri yang anemia kemudian hamil berpotensi akan melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atauberat badan lahir rendah (BBLR).

Saat ini lebih dari 30 persen remaja putri anemia. Kaum hawa ini punya siklus menstruasi tetapi tidak menyadari sudah membuang darah tetapi tidak bisa memperbaiki pembentukan darah karena asupan dari sisi mineral, vitamin yang tidak tersedia.

Ketika remaja putri ini hamil, kecukupan gizi janin di ibu yang darah rendah tersebut mengalami kurangnya supply oksigen, makanan ke janin, dan menyebabkan bayi yang kemudian lahir mengalami stunting dan BBLR.
“Ini cikal bakal terjadi stunting. Untuk itu kita di Tahun 2018 ini sekian persen remaja putri harus kita berikan tablet besi ke sekolah-sekolah untuk menghindari anemia,” ujar dr. Sri Mulyati selaku Kepala UPT Puskesmas Wangunharja Kec. Jamblang.

Perempuan harus melakukan investasi sebelumnya yaitu pada masa kehamilan dan sebelum kehamilan. Ia menambahkan Kemenkes terus mendorong kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) terkait ini.

Anemia terbagi tiga :
1. Anemia Rendah dgn kadar HB antara 10-11
2. Anemia Sedang dgn kadar HB 9-10
3. Anemia Berat dgn kadar HB < 9

“Jadi kalau mengatasi stunting ini anemia bisa diberikan tablet besi. Tetapi sebelum terjadi anemia kan asupannya, makan buah dan sayur, proteinnya cukup”

Secara kasat mata, penderita anemia dpt dilihat dari :
1. Muka terlihat pucat
2. Pelopak mata Bagian bawah, bila dibuka dalamnya dominan putih
3. Tepuk Tangan, setelah ditepukan telapak tangan Masih terlihat putih/ pucat

Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar dan mendapat respons yang antusias dari audiens (siswi SMKN 1 Jamblang).

Wj