Dalam mensikapi AFTA (Asean Free Trade Area) tahun 2003 yang lebih dikenal dengan Pasar Bebas Asia Tenggara, Pemerintah Indonesia membuat Kebijakan dalam mempersiapkan tenaga-tenaga kerja siap pakai pada Dunia Industri atau Dunia Usaha satu diantaranya adalah memperbanyak Lembaga Pendidikan dalam hal ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Target tahun 2014 perbandingan jumlah SMK dengan SMA adalah 70% berbandinng 30% Tahun 2014 Demikian pula Kebijakan tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon, pada tahun 2004 melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon membangun Unit Sekolah Baru (USB) berupa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) yang berlokasi di Kecamatan Klangenan dengan nama SMK Persiapan Negeri 1 Klangenan.

Pada tanggal 20 Juli 2004 SMK Persiapan Negeri 1 Klangenan menerima siswa baru sebanyak 3 (tiga) rombongan belajar (rombel) ; yakni 1 (satu) rombel Program Keahlian Pemanfaatan Tenaga Listrik (PTL) dan 2 (dua) rombel program keahlian Teknik Mekanik Otomotif (TMO). Masing-masing rombel berjumlah 40 siswa.Adapun Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) dalam memimpin SMK Persiapan Negeri 1 Klangenan adalah Bapak Drs.H.Noni Sukirno ,M.Pd yang saat itu beliau masih memangku jabatan Kepala SMKN 1 Mundu. Dalam Kegiatan Belajar Mengajar/KBM pada saat itu meminjam tempat belajar sementara di SMK PGRI 2 Palimanan dikarenakan Gedung Sekolah masih dalam proses pembangunan.

Pada tahun 2005 tepatnya tanggal 20 April 2005, Bupati Cirebon mengangkat Kepala Sekolah Definitif melalui Surat Keputusan Nomor 812.28/Kpts/05/BKD/2005 kepada Bapak Drs.Bangbang Nugraha,M.M.Pd untuk memimpin SMKN 1 Klangenan. Pada bulan April 2005, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pindah di Gedung Baru SMKN 1 Klangenan yang sudah rampung proses pembangunannya. Pada tahun 2006 dilaksanakan Pemekaran Kecamatan Klangenan menjadi dua yakni Kecamatan Klangenan dan Kecamatan Jamblang, dikarenakan Gedung SMK berada pada wilayah Kecamatan Jamblang, maka nama sekolahpun berubah dari SMKN 1 Klangenan menjadi SMKN 1 Jamblang. Proses perubahan nama tersebut berlaku pada Januari 2007 hingga saat ini.

Pada bulan Nopember 2012 mengalami pergantian tampuk kepemimpinan kepada SMKN 1 Jamblang dari Bapak Drs.Bangbang Nugraha,M.M.Pd kepada Bapak Drs.Toto Sunarto . Selama satu dekade berlangsung kemajuan SMKN 1 Jamblang sangat pesat awalnya 3 (tiga) rombel dan 2 (dua) program keahlian sekarang sudah mencapai 46 rombel dan 6 paket keahlian. Adapun paket keahlian yang ada saat ini ;

  • Teknik Gambar Bangunan (TGB)
  • Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
  • Teknik Sepeda Motor (TSM)
  • Teknik Otomasi Industri (TOI)
  • Teknik Komputer & Jaringan (TKJ)
  • Perbankan (PBK)

Saat ini, SMK Negeri 1 Jamblang dikepalai oleh H. Yayat Hidayat, S.Pd., M.M.Pd.