IMG 20190820 WA0016.jpg

Pembentukan Posbindu (Pos Binaan Terpadu) Siswa

Reporter : Juju Juweriyah

Editor : Wijaya

Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Salah satu program UPTD Puskesmas Jamblang Kab. Cirebon bekerjasama dengan SMKN 1 Jamblang membentuk Posbindu di sekolah, Posbindu sekolah diharapkan aktif melakukan kegiatan monitoring terhadap kesehatan warga sekolahnya, pembentukan Posbindu SMKN 1 Jamblang dilaksanakan pada Hari Selasa, tanggal 20 Agustus 2019 di Ruang Waka. Bidang Kesiswaan. (20/08/19).

Pada kegiatan tersebut sasaran POSBINDU kali ini adalah siswa/i SMKN 1 Jamblang. Selain itu didalamnya ada pembahasaan mengenai program-program yang bermanfaat untuk kesejahteraan warga sekolah serta disepakati kerjasama program pemeriksaan oleh Posbindu sekolah tiap Jum’at Minggu I dimulai pada Bulan September 2019. Teknisnya secara bergiliran tiap tingkat tiap bulannya.

Akhmad Prastian sebegai salah satu anggota PMR dan Tim Posbindu SMKN 1 Jamblang mengatakan “Mudah-mudahan dengan dibentuknya Posbindu PTM bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi siswa/i SMKN 1 Jamblang yang beresiko terkena penyakit PTM. Bagi siswa/i beresiko, Posbindu PTM bertujuan untuk mengenali faktor resiko PTM yang ada dan upaya mengurangi jumlah maupun intensitas faktor resiko tersebut agar tidak menjadi penyakit PTM.” Ujarnya

Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.

Ia berharap keberadaan Posbindu dapat menanggulangi beberapa penyakit yang ada di masyarakat khususnya lingkungan sekolah. Menurutnya, seringkali siswa/i tidak mengetahui jika mengidap penyakit tertentu. “Untuk itu, dengan adanya Posbindu warga sekolah dapat megetahui dan menanggulangi agar tidak menjadi parah,” tandasnya ( Wj)