Beranda Berita Mendikbud : SMK Harus Menjadi Leader dalam Pendidikan Vokasi

Mendikbud : SMK Harus Menjadi Leader dalam Pendidikan Vokasi

13
0
BERBAGI

Menyongsong program tahun 2017 Kemendikbud melaksanakan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2017 yang resmi digelar sejak Rabu (25/01/2017) hingga Jum’at (27/01/2017) di Pusbangtendik Kemendikbud, Jalan Raya Cinangka KM 19, Bojongsari, Depok. Pelaksanaan RNPK tahun ini mengangkat tema “Bersama Membangun Pendidikan dan Kebudayaan yang Merata, Berkeadilan dan Berkualitas”. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari dinas pendidikan dan kebudayaan di seluruh provinsi Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Muhajir Efendi, mengatakan bahwa dengan berkumpulnya perwakilan dari setiap daerah ini diharapkan bisa memberikan informasi yang baik untuk perkembangan pendidikan dan penguatan budaya yang merata serta berkualitas.

Mendikbud mengatakan, tema RNPK tahun ini memang memfokuskan pemerataan pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan.

“Kemudahan akses dengan kualitas pendidikan yang merata diharapkan supaya dirasakan oleh semua jenjang pendidikan,” ujar Muhajir Efendi.

Pada kesempatan itu mendikbud juga menyempatkan diri untuk mengunjungi stand DUDI yang berkolaborasi dengan SMK untuk menampilkan hasil produk dari satuan pendidikan, yaitu SMKN 4 Malang, SMK PGRI 2 Ponorogo dan SMK Pariwisata Metland.

Mendikbud berharap SMK mampu menjadi leader dalam pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia. Beliau menambahkan agar SMK juga mampu mengadopsi perkembangan teknologi sehingga hasil produk dan lulusannya mampu bersaing di era pasar bebas.

Adapun strategi peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan vokasi dapat dilakukan dengan pelibatan semua pihak terutama Dunia Usaha dan Industri sebagaimana yang dilakukan SMK yang mengisi di pameran rembuknas tersebut.

Dengan kolaborasi yang baik antara SMK dengan DUDI akan mempermudah diterimanya produk atau lulusan SMK di pasar industri dan pasar kerja.

 

sumber : psmk.kemdikbud.go.id