Bela Negara

Diklat Bela Negara Siswa SMK di Dodik Bela Negara Rindam III / Siliwangi, Cikole Lembang

oleh: M. Subhan Faturohman

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya 12-14 Juni 2017, siswa SMK se Provinsi Jawa Barat dan Banten baru saja melakukan pendidikan karakter yang dilakukan selama tiga hari di Komando Pendidikan Bela Negara di Cikole, Bandung. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sebuah terobosan untuk mendidik siswa SMK untuk komitmen pada sebuah aturan kedisiplinan yang sejatinya akan diterapkan di sekolah.

Keseluruhan siswa yang hadir sekitar 326 orang yang secara intensif selama tiga hari diberikan materi pemahaman tentang kedisiplinan, dari mulai bangun pagi, shalat shubuh, makan bersama, wawasan nusantara, pelatihan baris-berbaris, jurit malam dll.

Selain pembentukan karakter yang menjadi tujuan utama, kegiatan ini juga menjadi ajang siswa SMK untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan ajang untuk saling mengenal akrab antar siswa SMK peserta Bela Negara sendiri. Awal ketika kegiatan ini dimulai, banyak siswa SMK yang meragukan perihal menariknya acara tersebut hal ini karena acara tersebut dilakukan di military zone yang banyak dianggap tempat dimana kekerasan lazim terjadi, tetapi nyatanya tidak bahkan setelah acara selesai tak jarang terlihat siswa SMK peserta Bela Negara yang menirukan apa yang dilakukan instruktur mereka, seperti “Belaaa…. negara!!”, “Siap!!” dan “ayo cepat”. Itu semua kami nilai sebagai sebuah bentuk kesan tersendiri yang dirasakan peserta.

Tentu program pembentukan tidak dapat instan dilakukan. SMKN 1 Jamblang pun harus terus melakukan pembentukan yang secara intensif dan berkala didalam sekolah sehingga kelak siswa SMK memiliki sebuah karakter manusia berakhlak mulai yang berwawasan kebangsaan yang baik, sehingga nantinya siap menjadi garda depan dari solusi permasalahan bangsa pada umumnya, kita masih menunggu terobosan baru dari generasi yang cinta agamanya dan cinta negaranya seperti yang apa F.D Roosevelt katakan “jangan tanyakan apa yang negara berikan untukmu, tapi tannyakan apa yang telah kau berikan untuk negara”,